Kuliah Lapang Pertama Mahasiswa Arsitektur ITERA 2016 - Arsitektur Seru

Arsitektur Seru

Blog yang berisi tentang Ilmu Arsitektur, Desain, dan Teknik

Kuliah Lapang Pertama Mahasiswa Arsitektur ITERA 2016

Kali ini saya mau sharing – sharing tentang kegiatan perkuliahan nih, yaitu “Kuliah Lapang”.  
Kuliah lapang atau biasanya disingkat kulap ini merupakan kegiatan pembelajaran di luar kampus dengan mengunjungi berbagai tempat loh. Nggak cuma jalan – jalan aja loh, kulap ini memberikan banyak ilmu yang nggak kita dapat diperkuliahan loh.

Nah, di kulap pertama tahun ini berkunjung ke 4 tempat loh, yang pertama adalah rumah peninggalan belanda yang sekarang berfungsi sebagai kantor untuk mengawasi hasil – hasil perkebunan. Letaknya di daerah perkebunan di Lampung Selatan, alamat pastinya saya nggak tau sih. Bangunan ini sudah berumur puluhan tahun loh tetapi bangunannya masih kokoh sampai sekarang hanya saja beberapa bagian kayu di atapnya sudah banyak dimakan rayap. Nah lantai bangunannya dibuat tinggi loh guys sekitar 1 meter. Fungsinya untuk mencegah masuknya binatang buas karena lokasinya kan diperkebunan gitu.
















Tempat kedua yang dikunjungi adalah PKOR way halim, tepatnya di anjungan – anjungan rumah adat kabupaten atau kota di Propinsi Lampung. Ada anjungan 13 kabupaten dan 2 anjungan kota yang kalau ditotal ada 15 anjungan, diantaranya anjungan Kabupaten Lampung Tengah,  Kabupaten  Lampung Utara, Kabupaten Lampung Selatan, Kabupaten Lampung Timur, Kabupaten Mesuji,  Kabupaten  Pesawaran, Kabupaten Pesisir Barat, Kabupaten Pringsewu, Kabupaten Tulang Bawang, Kabupaten Tulang Bawang Barat, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Way Kanan, Kota Bandar Lampung, dan Kota Metro.

Tapi sayang banget nih pas kita kulap ke anjungan, ternyata anjungannya tutup alias nggak buka. Biasanya dibukanya kalau ada kegiatan seperti lampung fair gitu loh yang biasanya diadakan akhir tahun. Fokus saya ke anjungan Kabupaten Pringsewu nih karena itu daerah asal saya. Ciri khas anjungan Pringsewu ini tentu saja bambu – bambunya yang terpasang di gerbang depan.


















Tempat ketiga yang dikunjungi adalah komplek perumahan mewah, Citra Garden. Hal yang disayangkan nih kita cuma bisa melihat bangunan – bangunan dari dalam bis aja nih karena takutnya mengganggu privasi orang – orang yang tinggal di perumahan. Kami hanya boleh turun di kawasan little europe untuk beristirahat dan makan siang. Sedih sih padahal bangunannya keren – keren banget Hm, sempat sedih sih karena gagal turun di wilayah perumahannya, tapi it’s ok.

Untuk cerita aja nih, dulu  saya sewaktu sekolah pernah melakukan kunjungan industri ke Citra Garden juga. Saat sekolah dulu sih diperbolehkan turun loh, masuk ke dalam bangunannya juga boleh. Bahkan saya sempat masuk ke salah satu bangunan yang masih dalam tahap proses pembangunan. Mungkin masalah perizinan saja.














Nah, tempat terakhir yang dikunjungi adalah Masjid Agung Teluk. Kami mengunjungi tempat ini bukan untuk kuliah lapangan ya, tapi untuk ibadah solat duhur hehe. Sebenarnya tempat terakhir yang akan dikunjungi itu entah gedung pemda atau pemprov lampung  atau gedung apa saya lupa (maaf), tidak jadi dikunjungi karena masalah apa saya juga nggak tau sih.

Tapi kuliah lapang kali ini benar – benar memberikan banyak ilmu dan pengalaman sih, seru juga. dan yang paling penting kegiatan ini gratis alias dibiayai kampus. So, im happy guys! Kalau masih mau tau keseruan lengkapnya kuliah arsitektur, ya ayuk lah join arsitektur. Yang mau tanya – tanya atau curhat atau apapun tentang arsitektur bisa kok hubungi saya via dm instagram dulu ya @adetiapratiwi81. See you guys! Happy terus ya.