Mahasiswa Baru Wajib Tau! 8 Tips Penting Demi Kelancaran Kuliahmu - Arsitektur Seru

Arsitektur Seru

Blog yang berisi tentang Ilmu Arsitektur, Desain, dan Teknik

Mahasiswa Baru Wajib Tau! 8 Tips Penting Demi Kelancaran Kuliahmu

Alhamdulillah sudah tanggal 3 Juli? Gimana hasil SBMPTNnya? Untuk yang belum lolos, jangan patah semangat. Masih ada jalur mandiri untuk sampai ke jurusan arsitektur. Dan untuk yang lolos, saya ucapin selamat deh sebelumnya untuk adik - adik maba arsitektur di universitas manapun. Semoga kalian tidak salah pilih jurusan ya dan jangan sampai menyesal tentunya karena sudah memilih jurusan arsitektur karena arsitektur adalah salah satu jurusan terkeren sih menurut saya. langsung saja deh kali ini saya mau sharing tips – tips kuliah arsitektur supaya kuliahnya lancar tanpa hambatan yang berarti, hambatan tetap ada tetapi bisa kok diminimalisir. Untuk kalian calon - calon mahasiswa, silahkan dibaca nih untuk menambah pengetahuan dan kalian tau nanti bagaimana sih gambaran penderitaan mahasiswa arsitektur.

Kuliah arsitektur identik banget dengan tugas yang sangat banyak, bukan cuma banyak tugasnya tetapi banyak juga pengeluarannya, banyak waktu begadangnya dan banyak waktu studionya (jangan ngeluh mulu ah). Tapi tenang, kalau kamu memang sudah cinta arsitektur, apapun terasa ringan (tapi bohong). Oh iya, kuliah bukan hanya soal tugas loh, kamu harus bisa membagi waktumu dengan berorganisasi juga supaya softskillmu bisa terasah. kuliah arsitektur itu seru, itulah alasan kenapa saya kasih nama blognya arsitektur seru.

nah berikut tips – tips yang perlu kamu terapkan di perkuliahanmu (berdasarkan pengalaman pribadi saya selama perkuliahan 4 semester, pengalaman adalah guru yang paling baik). Semoga bisa belajar dari pengalaman saya.

1. Jangan nunda pengerjaan tugas terlalu lama
Mungkin menunda adalah hal yang menyenangkan, apalagi menunda tugas karena hal – hal yang menyenangkan entah jalan dengan seseorang atau karena kebanyakan agenda rapat atau kebanyakan jadwal nongki - nongki di kantin. Sesekali boleh nunda kok, tapi jangan sampai lupa satu hal bahwa tujuan awal masuk kampus adalah untuk kuliah kemudian lulus dan bukan untuk yang lainnya. Kamu boleh kok mengikuti organisasi tetapi kamu harus pintar membagi waktu antara organisasi dan akademik ya. Jangan kebanyakan nongki yang tidak jelas.

2. Sering – sering konsultasi desain ke dosen atau yg ahli
Guys, dalam proses pembelajaran kita butuh banget sama yang namanya konsultasi ke dosen loh,  karena dosen sudah lebih banyak  pengalamannya. Kamu harus pintar – pintar mengambil ilmu dari dosenmu sebanyak mungkin. Rugi kalau kita sudah bayar kuliah mahal tapi jarang konsultasi ke dosen, karena bisa saja desain yang menurut kita bagus ternyata banyak kesalahan di mata dosen (entah kontruksinya atau yang lainnya). So, konsultasi itu penting banget guys!

3. Jangan takut revisi
Kebanyakan mahasiswa takut sekali dengan yang namanya revisi karena revisi identik dengan kertas gambar yang akan dicoret – coret dengan pena yang membuat kita harus mengulang gambar dari awal. Menyakitkan memang, sudah begadang bermalam – malam demi menyelesaikan gambar malah keesokan harinya gambar dicoret – coret oleh dosen. Mungkin karena hal itu beberapa mahasiswa jadi males banget sama yang namanya revisi. Tidak ada dosen yang jahat sebenarnya, dosen merevisi gambarmu karena dosen sayang padamu. Revisilah demi kebaikanmu. Saya pernah diberi saran oleh dosen untuk menjidil 100 lembar kertas A4 kemudian di bawa saat revisi, jadi ketika dosen ingin coret – coret gambarmu, beri saja kertas jilidan itu dan biarkan beliau berekspresi disana. Yang saya tau, tangan dosen selalu gatal untuk coret – coret kertas saat ada yang revisi. Jadi, siapin kertas A4 kemudian jilid ya. (INI TIPS PALING PENTING)

4. Belajar hemat dan menabung
Kuliah arsitektur menurut saya membutuhkan dana yang nggak sedikit loh, mulai dari UKT yang mahal, uang untuk beli keperluan kuliah dan alat – alat gambar yang lain, dan uang untuk beli bahan maket. Maket nggak butuh uang sedikit loh tapi bisa diakali kok asalkan kamu kreatif kamu bisa kok maket dengan bahan – bahan yang ada disekitarmu. Mahasiswa arsitektur harus kreatif! Karena banyaknya dana yang dibutuhkan untuk mendukung proses kuliah, kita harus banget nahan untuk nggak beli barang – barang yang nggak terlalu dibutuhin. Jangan sampai saat awal bulan sudah dapat kiriman langsung kalap jalan – jalan ke mall dan belanja barang – barang yang nggak penting, lalu menyesal akhir bulan kemudian. Ingat! Tugasmu butuh modal banyak!

5. Stok snack dan kopi
Begadang..... iyalah begadang adalah kebiasaan semua mahasiswa arsitektur di manapun berada, bahkan sehari cuma tidur 2 sampai 3 jam atau bahkan nggak tidur sama sekali, dan itu udah biasa dijumpai di kampus - kampus manapun. Makanya penting banget untuk kita stok kopi sebanyak – banyaknya dan cemilan untuk menemani begadang kalian. Jangan lupa juga minum susu beard brend minimal seminggu sekali atau beli multivitamin untuk menjaga daya tubuh. Begadang itu berat, kamu nggak akan kuat kalau tanpa kopi! Jangan lupa selain kopi, kamu harus stok susu juga ya untuk kebutuhan vitamin tubuh kamu. Jangan sampai sakit, berat. Kamu nggak akan kuat.

6. Atur pola makan
Tugas memang penting, tapi kesehatan lebih penting dan lebih utama ya guys. Kamu boleh kok begadang, tetapi asupan gizi untuk tubuh kamu jangan sampai kelupaan ya, konsumsi sayuran hijau setiap hari, sayuran cukup murah kok harganya bahkan kurang dari Rp 5000. Intinya usahakan untuk makan tiga kali sehari guys, tetapi kalau kondisinya tidak memungkinkan, dua kali sehari juga sudah cukup asalkan gizimu terpenuhi. 

7. Kunjungi bangunan – bangunan bersejarah di daerahmu, kalau ada dana silahkan kunjungi bangunan – bangunan yang ada di indonesia bahkan luar negeri
Jalan – jalan merupakan suatu hal yang sangat penting loh karena dengan jalan – jalan (ke suatu bangunan) wawasanmu akan bertambah dan desainmu nggak kaku dan nggak gitu – gitu aja. Dengan melihat banyak bangunan, ide desainmu juga akan bertambah dan bisa jadi lebih kreatif (aamiin). Intinya mahasiswa arsitektur identik dengan jalan - jalan. 

8. Tetapkan satu orang di hatimu
Yap, tetapkan satu orang di hatimu, nggak harus dijadikan pacar (karena pacaran memang haram). Setidaknya kamu harus tau kamu mengejar semua mimpimu untuk siapa. Tapi kalau dia tidak ingin ada di hatimu, keluarkan dia cepat! Kemudian silahkan cari yang lain. Guys, kuliah arsitektur itu bebannya banyak, mulai dari beban ekonomi, beban mental, dan sebagainya. Makanya penting sekali menyimpan satu nama di hatimu agar kamu tetap bersemangat menjalani hari – harimu selama perkuliahan. Tapi, lebih baik di pendam dalam – dalam sebelum siap menikah. Jangan dinyatakan! Kita (umat islam) dilarang mendekati zina. Ingat, jaga pandangan dan jaga hati. Eh. Ya berat memang, tapi... belajar. Maaf kalau jadi dakwah, tapi ini serius.

Oke segitu aja tips dari saya, kalau ada yang mau nambahin tips – tipsnya dipersilahkan di kolom komentar, sok atuh. Maaf kalau ada tips – tips yang mungkin agak aneh tapi ini demi kebaikan kalian hahaha. Salam arsitektur! Jangan lupa lah follow ig @arsitekseru untuk liat persembahan masterpiece saya. Terimakasih sudah berkunjung, jangan lupa komen dan share ya. Semoga bermanfaat.