Serunya Jadi Mahasiswa Arsitektur - Arsitektur Seru

Arsitektur Seru

Blog yang berisi tentang Ilmu Arsitektur, Desain, dan Teknik

Serunya Jadi Mahasiswa Arsitektur

Haloo.. Masih bingung mau kuliah jurusan apa? Tertarik di bidang arsitektur? Mau tau gimana suka dan duka mahasiswa arsitektur?

sebenarnya bingung juga mau cerita bagaimana, karna saya sendiri baru menginjak semester 2 arsitektur di Institut Teknologi Sumatera dan belum terlalu banyak yang saya pelajari di kampus. Eh kenalan dulu deh, kan kalo udah kenal jadi lebih enak. Oke nama saya Adetia Pratiwi, biasa dipanggil Tia. Saya kuliah arsitektur di ITERA (Institut Teknologi Sumatera). Nah kenapa saya lebih pilih institut? Itu karena menurut saya, di institut itu lebih banyak praktiknya daripada di universitas. Saya memang ingin masuk ke kampus teknik dari dulu karena menurut info yang saya dapat, kuliah di teknik itu berat. Nah saya tertantang untuk membuktikannya nih. Jadi kuliah di teknik seberat apa sih? 

di ITERA sendiri, untuk tahun pertama adalah tahap TPB. Apasih TPB? TPB itu Tahap Persiapan Bersama, dimana yang dipelajari itu masih ilmu ilmu dasar kaya fisika, kalkulus, dan kimia, ditambah pengantar prodi arsitektur. Di pengantar prodi ini kita lebih belajar tentang teori dan teknik persentasi. di TPB ini masih belum terlalu sibuk, jadi masih bisa habisin waktu untuk jalan jalan loh. Eitss, ini bukan jalan jalan yang gak berguna yaa, tapi ini jalan jalannya ke tempat tempat yang keren loh. Jadi ngga cuma jalan jalan, kita juga sambil belajar mengamati desain bangunannya. Jadi sambil menyelam minum air gitu. Intinya jalan jalan untuk mahasiswa arsitektur itu penting loh guys

Jadi kenapa sih harus kuliah arsitektur? Arsitektur itu ilmu yang luas banget. Di dalam arsitektur, kita nggak cuma belajar gimana ngedesain bangunan, tapi kita juga harus mikirin gimana cara merancang dan merealisasikan bangunan. Di arsitektur, kita nggak cuma belajar ilmu arsitektur aja, tapi kita juga harus belajar ilmu ilmu lain. Misalkan kita disuruh ngedesain rumah sakit jiwa nih, otomatis kan kita harus belajar ilmu psikologi dong untuk nentuin gimana kondisi ruangan yang dibutuhkan supaya di pasien nggak tambah setress.

Arsitektur itu jurusan yang seru banget. Dimana kita harus banyak jalan jalan untuk mengetahui gimana sih perkembangan desain jaman sekarang, biar nggak kudet guys. Jadi ketika nanti kita disuruh ngedesain, desain kita nggak ketinggalan jaman.

Masuk arsitektur harus jago gambar atau tidak? Masuk jurusan arsitektur itu nggak harus jago gambar kok. Karena nantinya kita juga akan dididik sampai bisa kok. Saya juga nggak terlalu jago gambar. Kalo udah jago gambar , ngapain masuk kuliah? Mending jadi arsitek langsung ehehhe. Intinya semua butuh proses, asal kita mau usaha dan yakin sama kemampuan kita..