Pengertian Bangunan dan Jenis - Jenisnya - Arsitektur Seru

Arsitektur Seru

Blog yang berisi tentang Ilmu Arsitektur, Desain, dan Teknik

Pengertian Bangunan dan Jenis - Jenisnya

Pengertian Bangunan dan Jenis - jenisnya
Bangun bangunan adalah setiap susunan yang bertumpu pada tanah atau batu landasan yang mana susunan tersebut akan membentuk suatu ruangan atau bagian-bagian untuk tujuan tertentu. Suatu benda dapat dikatakan sebagai bangunan bila bangunan tersebut merupakan hasil karya orang dengan tujuan untuk kepentingan tertentu dari seseorang atau lebih dan benda itu tidak dapat dipindahkan kecuali dibongkar.

Contoh:
* Rumah tinggal, tujuannya untuk berlindung dari panas dan hujan
* Sekolah, untuk pembelajaran
* Jembatan, untuk menghubungkan suatu tempat ke tempat yang lain
* Bendungan, untuk menampung air dan dialirkan ke sawah-sawah
* Jalan kereta (rel), jalan raya, untuk sarana transportasi

Ilmu bangunan gedung adalah ilmu pengetahuan yang digunakan untuk perencanaan , pelaksanaan, dan perbaikan bangunan gedung.

Maksud dan tujuan pembuatan bangunan adalah untuk mengetahui secara jelas bagaimana cara merencanakan, melaksanakan pembuatan bangunan dan memperbaiki agar bangunan itu kuat, awet, sehat, nyaman ditempati serta harganya relatif murah.


JENIS - JENIS BANGUNAN

Bangunan sebagai suatu benda hasil karya orang umumnya besar dan mempunyai bobot yang tinggi serta dikerjakan oleh banyak orang. Mengingat banyaknya macam bangunan dalam bidang teknik, maka dapat dibedakan menjadi jenis-jenis sebagai berikut:

Bangunan teknik sipil kering, contohnya: gedung-gedung, rumah-rumah, jalan raya, pabrik, tugu-tugu peringatan, landasan kapal terbang, rel, dll.

Bangunan teknik sipil basah, contohnya: saluran air, menara air (tower), bendungan, pelabuhan,turab (dinding penahan), dll.


BAGIAN BAGIAN BANGUNAN GEDUNG

Ditinjau dari segi susunannya, bangunan gedung dapat dibagi menjadi 2 bagian, yaitu:

Bangunan bawah, yaitu bagian bangunan yang terletak dibagian permukaan lantai atau bagian bangunan yang ada di dalam tanah, seperti balok, beton (sloof), dan pondasi.

Bangunan atas yaitu bagian-bagian bangunan yang terletak di atas permukaan lantai, seperti tembok, kolom-kolom, balok cincin (ring balk) dan rangka atap beserta bagian-bagiannya.

berikut gambarnya:
















Sekian penjelasan singkatnya, semoga bermanfaat.